Wikipedia

Search results

Monday, September 30, 2013





Masa-masa ujian (UTS) Midtest di Ananda Islamic School

Kita harus bisa merubah mindset kita bahwa ujian atau ulangan itu adalah sebagai media yang menjadi tolak ukur dan acuan status pembelajaran, bisa dibilang ujian adalah untuk evaluasi, ujian adalah untuk belajar, bukan sebaliknya. Namun pada mayoritas umumnya yang terjadi di tengah realita dunia pendidikan adalah minimnya tingkat kesadaran siswa akan eksistensi ujian. Seringkali ujian itu dijadikan pembelajaran yang singkat hanya untuk menghadapinya saja, ujian hanya menjadi pacuan nilai yang mana nilai itu adalah hasil belajar peserta didik dari waktu yang telah lama.

Untuk merubah mindset kita, ada beberapa tips dan siasat yang jitu dalam menghadapi ujian agar kita tidak menjadikan ujian sebagai sarana dari ungkapan ini "belajar itu untuk ujian". Berikut adalah tipsnya :

1. Kuasailah & pahamilah pelajaran dari jauh-jauh hari atau H-100 dari ujian yang akan diselenggarakan, dengan ini kita tidak akan perlu lagi untuk resah dan waswas.

2. Sering-sering menjadikan buku sebagai teman duduk, bila terlalu berat ataupun tidak praktis buatlah ringkasan yang menarik berupa kertas bergambar yang mini ataupun yang sederhana.

3. Yakinkan diri kita bisa dan jangan lupa bahwa kesuksesan kita itu ada di tangan Yang Maha Kuasa, jadi jangan lupa berdoa dan tetap semangat.


No comments:

Post a Comment