Wikipedia

Search results

Monday, September 23, 2013

 Id card pengajar

Di tahun 2007 silam saya memulai karir perdana saya paska lulus sekolah dengan mencoba mengajar di sekolah alumnus almamater saya sendiri, di tahun itu merupakan bentuk pengabdian dan awal dedikasi. Saya memulai mengajar untuk tahap profesi yang pernah dialami oleh saya ketika saya diajar oleh para guru-guru saya, akhirnya tibalah saat-saat untuk berdiri di hadapan peserta didik untuk mengamalkan apa yang sudah diraih dan yang sudah diajarkan oleh para pendahulu. Seperti yang dikatakan orang bijak dalam pelajaran Mahfudzat "Al-ilmu bilaa amalin kas syajari bila tsamarin", yang artinya ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

Sungguh kiranya tentang pengajaran itu tidak boleh dipandang sebelah mata, karena yang diajarkan adalah bentuk dari ilmu yang kita dapat. Waktu itu saya mendapat pelajaran yang bertema tentang bahasa arab, seperti Tarikh Islam (sejarah islam), Imlak, Muthola'ah, Nahwu, Shorof. Pengabdian saya berkelanjutan hingga pertengahan 2009 silam.
Di tahun 2013 sekarang saya diberikan kesempatan mengajar kesekian kalinya di tempat pendidikan yang berbeda, yang berlokasi di Kecamatan Kali deres Jakarta Barat. Untuk di tempat ini saya banyak sekali mendapati tentang ilmu dan improvisasi dalam kependidikanan, kelak ini akan menjadi pacuan dan motivasi bagi pribadi di setiap guru dan dapat dijadikan pedoman yang akan bermanffat di masa yang akan datang.

Sekian.

No comments:

Post a Comment