Wikipedia

Search results

Sunday, October 27, 2013



Ice Breaking Games
Setelah melewati kejenuhan dalam belajar, seminar, rapat, dan perkumpulan alangkah lebih sempurnanya jika kita melakukan refreshing dengan ice breaking. Salah satu guru senior saya pernah bilang bahwa ice breaking itu seperti halnya garam dalam sayur, jika garam terlalu banyak sayur akan menjadi asin namun jika sayur tidak diberikan garam maka rasanya pun bisa menjadi hambar. Maka sejenak kita harus melakukan istirahat, dan di tengah istirahat hal yang tadinya beku dan keras akan mudah pecah dan mencair seperti halnya es yang pecah (ice breaking), Istilah yang cukup keluar konsep dari definisi Ice Breaking.

Adapun macam-macam Ice Breaking yang pernah dilakukan oleh saya pribadi adalah Conjuring Account, Golden Number dan Tom and Jerry. Karena sedikit mendapat inspirasi dan kolaborasi dari apa yang saya dapat, gamenya pun juga seputar permainan angka (saya gak bermaksud meniru salah satu magician ternama loh). Cukup simple dan tidak memerlukan alat peraga, tentang rincian dan cara bermainnya bisa kita simak berikut ini.

Ice Breaking yang pertama ialah Conjuring Account, saya beri nama Conjuring Account karena memang terinspirasi dari judul film horror, tetapi di Ice breaking ini gak horror kok, sebab aturan mainnya cukup simple dan sederhana. Setiap peserta diminta menghitung dari angka yang ditentukan oleh fasilitator bisa searah jarum jam (ke sebelah kiri) atau ke sebelah kanan, seperti dari angka 1-30 atau hitung mundur dari 30-1, atau angkanya lebih banyak pun juga lebih menarik, tentu dilihat dari jumlah peserta. Nah masing-masing peserta menghitung dari angka awal, ketika tiba dihitungan keempat peserta tidak boleh menyebutkan angka yang sedang dia dapat, tapi peserta harus menggantinya dengan dua kali tepukan tangan kemudian disambung kembali dengan angka normal oleh peserta yang berada disebelahnya, begitu terus yang terjadi setiap kali ada peserta yang mendapatkan kelipatan empat, yaitu tidak menyebutkan angka yang ia dapat dan menggantikannya dengan tepukan tangan. Peserta yang salah sebut, lupa, ataupun lambat mengucapkan dianggap salah dan tereleminasi, mungkin disitulah letak horornya permainan ini, walaupun tidak seperti adegan di filmnya.


Ice Breaking yang kedua adalah Golden Number, keren ya? Sekilas sih mungkin bisa saja kita mengartikan game ini dengan "Si Nomor Emas", tapi jangan senang dulu, setelah tahu peraturan mainnya kita pasti mengerti maksud dari game ini. Emas memang salah satu ikon yang suka menjadi pusat perhatian, secara saya juga emas (Emas Ade). Ketika emas sudah jadi pusat perhatian maka di game ini pun juga demikian, jadi setiap peserta diminta oleh fasilitator untuk menghafal nomor urut yang telah diberikan, itupun juga sesuai dengan jumlah peserta yang ada, selanjutnya fasilitator akan menyebutkan atau memanggil satu nomor yang dimiliki oleh peserta, peserta yang memiliki nomor yang disebut atau dipanggil harus cepat-cepat melempar atau memanggil nomor peserta yang lain. Hal ini akan menjadi panggilan serta lemparan nomor beruntun dan bertubi-tubi bagi peserta yang nomornya disebut, maka peserta yang telat melempar ke nomor lain, diam, dan tidak mendengarkan akan terkena eliminasi. Begitu juga peserta yang menyebutkan nomor yang tidak ada atau tidak dimiliki oleh peserta lain juga akan dikenakan eliminasi, satu lagi, peserta yang memanggil atau melempar nomor yang sudah disebut akan memiliki nasib yang serupa pula.

Ice Breaking yang ketiga adalah Tom and Jerry, disebut demikian karena Ice Breaking yang satu ini lebih cocok dilakukan di ruangan terbuka atau outdoor area. Sedikit menerapkan gerakan ketangkasan karena memang kecepatan fisik berlari juga dibutuhkan, terutama bagi peserta yang mendapatkan peran sebagai Tom atau Jerry. Game ini lebih tepat diartikan kucing-kucingan, karena sewaktu kecil secara sadar maupun tidak kita pernah memainkannya hanya saja sekarang dikemas dalam hal yang lebih elegant. Peraturannya sederhana saja, dua orang dari peserta salah satunya berperan  sebagai Tom (Sang Pemangsa), dan yang satunya berperan sebagai Jerry (Yang Dimangsa), sedangkan sisanya berperan sebagai garis baris pertahanan Jerry. Tom berlari mengejar Jerry sedangkan Jerry berlari menghindari Tom, dan peserta lain yang belum mendapatkan peran bertugas menjadi garis baris sebagai tempat perlindungan Jerry untuk begantian peran. Maksud garis baris ialah peserta yang belum mendapatkan peran selain Tom atau Jerry berbaris maksimal 4 orang, jika peserta banyak fasilitator membuat garis baris menjadi lima atau empat garis baris (tiap garis baris berjumlah 3 atau 4 orang). Nah, saat Tom mengejar Jerry, ketika Jerry tersentuh oleh Tom, maka peserta yang berperan sebagai Jerry berubah balik menjadi Tom dan kembali memangsa Jerry, sedangkan peserta yang tadinya berperan sebagai Tom dikarenakan sudah berhasil menyentuh Jerry sekarang berperan sebagai Jerry dan berusaha untuk berlari meghindari Tom. Agar Jerry tidak tersentuh kembali dan lelah, peserta yang berperan sebagai Jerry harus masuk ke dalam garis baris yang ada di bagian belakang, dan Jerry bertukar peran oleh peserta garis baris yang ada di bagian depan, dan Tom pun kembali mengejar Jerry yang sudah bertukar peran, sentuh Jerry kembali sebelum pergi masuk ke garis baris, dan Jerry, cepatlah masuk ke dalam garis baris sebelum tertangkap (disentuh) oleh Tom. Siapa cepat maka dia tangkas, liar biasa bukan? (bukan luar biasa).

Nah selanjutnya kita kembali ke suasana awal kita, kembali fokus bekerja dan semangat beraktifitas. Silahkan dicoba dan digunakan, sampai disini dulu berbaginya. Sekian, Wassalam!
Ade Marwoto
 

No comments:

Post a Comment