Wikipedia

Search results

Tuesday, October 8, 2013


Martials Art (seni beladiri)

Kesenian beladiri adalah ajang untuk melatih mental dan fisik kita untuk menjadi pribadi yang kuat, dalam makna hadits dikatakan "al-'abdul qowiyyu ahabbu ilallahi" yang artinya kurang lebih hamba allah yang kuat lebih disukai oleh Allah. Di Indonesia, seni beladiri dikenal dengan pencak silat, seluruh pencak silat di Indonesia dinaungi oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat seluruh Indonesia). Setelah penampilan aktor ternama Iko Uwais dalam film THE RAID, pencak silat menjadi sorotan dunia. Ini menjadi bukti lagi bahwa Indonesia memang memiliki kebudayaan yang tinggi, jika kita tahu muai thai maka seni beladiri ini berasal dari Thailand, jika kita tahu capoera maka seni beladiri ini berasal dari Brazil. Namun pencak silat adalah khas dan berasal dari Indonesia, uniknya lagi, pencak silat yang dinaungi oleh IPSI ini memiliki beberapa macam perguruan.

Sebagai ajang olahraga dan melatih mental serta fisik, pencak silat pun tidak boleh dipandang sebelah mata, karena jika demikian sudut pandang pun bisa jadi membuat salah kapra. Ada yang beranggapan bahwa pencak silat adalah tempat adu jotos, ada juga yang bilang membuat tubuh cedera. Jika kita kembalikan kepada yang ada pencak silat pada dasarnya memilki unsur seni yang berupa-rupa. Di Blog sebelumnya sudah sedikit ada gambaran tentang pencak silat, tepatnya di link ini http://ademarwoto.blogspot.com/2013/07/martials-arts.html.

Adapun mengenai tiap-tiap perguruan, semua perguruan pencak silat diwajibkan menghafal dua jurus wajib IPSI yaitu jurus Tunggal Baku dan jurus Pitaloka, setiap perguruan diwajibkan bisa jurus ini, agar menjadi simbolis ketka seluruh perguruan berkumpul bisa serempak memperagai jurus nasional. Lalu ada lagi yang lain seperti sparing terikat, ini adalah jurus seni yang didasari oleh reka adegan dengan konsep alur cerita, bisa diperagakan dua orang atau lebih. Di sekolah Ananda Islamic School, perguruan yang lalu adalah SMI (Satria Muda Indonesia), dalam progresnya perguruan dikembalikan ke induk general atau IPSI, dikarenakan pelatih berasal dari perguruan yang berbeda.

Macam-macam perguruan pencak silat di Indonesia, diantaranya ialah :
- Tapak Suci
- Merpati Putih
- Setia Hati
- Silamba Wikri
- SMI (Satria Muda Indonesia)
- Panembahan 
- Paku Banten
- Cimande
dan masih banyak lagi, lebih lengkapnya silahkan kunjungi alamat berikut : http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_silat. 

Sekian

No comments:

Post a Comment